Selasa, 17 Juli 2018

Tugas Softskill 3


IP Address
IP (Internet Protocol) address, yang analog dengan alamat rumah pada pengiriman surat di atas. IP address (versi 4) tersusun atas bilangan biner (0 dan 1) sepanjang 32 bit (binary digit) yang terbagi atas empat segmen. Tiap segmen terdiri atas 8 bit. Artinya memiliki nilai desimal 0 (00000000) sampai 255 (11111111). Jadi secara kasar dapat disimpulkan bahwa jumlah alamat yang bisa dipakai oleh komputer di seluruh dunia yang terhubung ke internet sebanyak 232 buah (walaupun ada IP tertentu yang tidak dipakai dengan alasan khusus).
Untuk mempermudah pembacaan, alamat IP tersebut biasanya dituliskan dalam bilangan desimal misalnya 167.205.35.31. Struktur alamat IP dibagi menjadi dua bagian yaitu Network ID dan Host ID. Sesuai namanya, Network ID berfungsi mengidentifikasi pada jaringan mana suatu komputer berada, sementara Host ID berfungsi mengidentifikasi suatu komputer (host) pada suatu jaringan. Dalam satu jaringan, host ID harus unik, sebagaimana analogi dalam satu jalan, tidak boleh ada rumah dengan nomor sama. Jaringan yang berbeda network idnya dipisahkan oleh router.

Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sebuah sekumpulan dari beberapa komputer dihubungkan secara elektronik. hal Ini bermakna bahawa komputer dapat “berkomunikasi” antara satu sama lain dan tiap-tiap komputer dalam jaringan dapat mengirim informasi kelainnya. Sebuah jaringan komputer adalah sekelompok komputer lebih terhubung satu sama elektronik, ini berarti bahwa kecepatan koneksi cepat – lebih cepat dari koneksi normal ke Internet.
Kesimpulannya pengertian jaringan Komputer adalah  sekelompok komputer atau lebih terhubung satu sama lain secara elektronik. Setiap jaringan Komputer memiliki pola atau bentuk desain yang diistilahkan dengan topoloi jaringan komputer. Sebuah jaringan komputer, juga disebut hanya sebagai jaringan yang terdiri dari dua atau lebih komputer, dan perangkat lainnya biasanya juga (seperti printer, hard drive eksternal, modem dan router), yang terhubung bersama sehingga mereka dapat berkomunikasi satu sama lain dan dengan demikian perintah pertukaran dan berbagi data, perangkat keras dan sumber daya lainnya. komputer dapat “berkomunikasi” satu sama lain artinya  setiap komputer di jaringan dapat mengirimkan informasi ke yang lain.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Internet
Intenet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.
Internet menurut segi ilmu pengetahuan, internet adalah sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik. Semua orang bisa berkunjung ke perpustakaan tersebut kapan saja serta dari mana saja, jika dilihat dari segi komunikasi, internet adalah sarana yang sangat efektif dan efesien untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh maupun jarak dekat, seperti di dalam lingkungan perkantoran, tempat pendidikan, atapun instansi terkait.

WAP (Wireless Application Protocol)
Wireless Application Protocol (WAP) adalah sebuah protokol yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus. Situs internet ini harus merupakan situs dengan fasilitas WAP.
WAP menjadi standar teknis dalam mengakses informasi melalui jaringan wireless mobile dan bersifat universal. Diakui pula sebagai standar yang terbuka yang dikembangkan oleh Forum WAP untuk mendukung perangkat mobile seperti telepon nirkabel dan terminal nirkabel lainnya seperti pager dan PDA dapat melakukan akses layanan informasi, termasuk Internet dan Web.

WWW (Word Wide Web)
Word Wide Web adalah fasilitas yang berisi database terdistribusi. Anda dapat mengakses berbagai informasi melalui situs web baik yang berupa teks, gambar, suara, film, maupun multimedia.  Word Wide Web merupakan kumpulan dokumen/file yang tersimpan di sever proksi web, dan yang severnnya tersebar di 5 benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui Internet.
Word Wide Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web. Kesimpulan Word Wide Web (WWW) adalah kumpulan dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks.

Daftar Pustaka
https://ekofitriyanto.wordpress.com/2014/07/01/pengertian-secara-global-ipinternet-protocol-jaringan-dan-internet/
https://puteraarief31.wordpress.com/2014/06/13/pengertian-secara-global-ip-internet-protocol-jaringan-dan-internet/
http://stevearthursehang.blogspot.com/2014/02/ip-mobile-dan-wireless-application.html
http://adityapratama588.blogspot.com/
http://jaringankomputer.org/pengertian-jaringan-komputer/
http://infokomputerrakitan.blogspot.com/2015/11/pengertian-internet-secara-umum.html
http://baimgunadarma.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar